Pemenang Novel Digugat Gara-gara Stem Cell


Sepekan setelah pengumuman peraih Nobel dari Jepang Shinya Yamanaka, sebagai penemu stem cell, warga Jepang dikejutkan dengan berita Hisashi Moriguchi, Fellow di Tokyo University Hospital menggugat dan mengaku dialah yang sebenarnya pertama menemukan IPS sel punca atau stem cell .

"Saya bahkan telah mencoba mentransplantasikan ke jantung manusia," katanya. Menanggapi hal itu Yamanaka hanya mengatakan, "Saya sendiri hanya baru melakukan uji coba ke tingkat tikus saja bukan ke manusia. Komentar lain saya tak bisa karena belum baca laporan lengkapnya," paparnya kepada wartawan setelah bertemu PM Jepang Yoshihiko Noda di kantornya di Tokyo, Jepang, Jumat (12/10/2012).

Menurut Moriguchi, yang mengaku sebagai tamu dosen di Harvard, dia sebenarnya akan mengumumkan temuannya di Harvard University dan Massachusetts General Hospital setelah melewati prosedur rutin. Mengaku moriguchi ke Harvard, seorang wartawan Jepang yang mewawancarainya berusaha meminta paspornya sebagai bukti bahwa dia memang ke Amerika Serikat tetapi Moriguchi menolak permintaan itu dengan diam saja, seperti disiarkan TV NHK,kemarin.

Meskipun demikian Moriguchi menjelaskan dalam sebuah wawancara telepon dengan Kyodo, "Bukti itu milik Harvard telah diletakkan di Jepang".  Menurut pengakuan pria berusia 48 tahun ini, dirinya berada di Harvard University selama sebulan mulai Desember 1999 - Januari 2000.

Moriguchi juga menyatakan sebenarnya penemuannya segera dimuat di sebuah jurnal kedokteran di Amerika tetapi ditunda karena dianggap pihak amerika ada keraguan dan diberikan waktu 12 hari untuk menjelaskan semua keraguan. Namun Moriguchi tidak muncul setelah lebih dari 12 hari tersebut.

Sekjen Asosiasi Medical Sains Jepang, Yuichi Kitazawa mengatakan bahwa seorang terkait medis sudah selayaknya jujur dan benar, karena hal itu adalah yang terpenting dalam kegiatannya di bidang medis, ungkapnya menanggapi kasus ini, "Selayaknya penemuannya dilakukan melalui komite etika universitas dan dilakukan dengan prosedur yang benar."

Banyak anggota masyarakat Jepang tidak percaya dengan yang diungkapkan Moriguchi dan menganggap hanya ucapan kosong saja dan hanya untuk mencari popularitas saja.


sumber: http://id.berita.yahoo.com/jepang-heboh-penerima-nobel-digugat-gara-gara-stem-120156606.html

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung ke Blog kami, apabila ada tanggapan atau pertanyaan silahkan post tanggapan atau pertanyaan anda disini.

Thank you for visiting our Blog, if you have feedback or questions please post your comments or questions here.

私たちのブログを訪問していただきありがとうございます、あなたが意見やご質問がある場合は、ここにご意見やご質問を投稿してください。

 

Selamat Datang di Blog Midori Reunion Sukabumi | Terima Kasih Sudah Berkunjung © 2012 | Designed by Cheap Hair Accessories

Thanks to: Sovast Extensions Wholesale, Sovast Accessories Wholesale and Sovast Hair